Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip

Air Tenjun “Nglirip” letaknya di wilayah kecamatan Singgahan, kurang lebih 35 km kearah barat kota tuban. Air terjun ini oleh warga setempat sering disebut “Nglirip”. dan ditempat yang beseberangan yang dipisahkan jalan raya adalah tempat makan Mbah “Abdul Jabbar” salah satu tempat ziarah di daerah singgahan. dan tempat ini akan dipadati oleh peziarah di saat acara Haul Mbah Jabbar.

Untuk mencapai “Nglirip” dan tempat Ziarah Mbah “Abdul Jabbar” bisa menggunakan angkutan umum maupun mobil pribadi. Bila menggunakan angkutan umum, bila anda dari kota tuban ada 2 rute angkutan yaitu :

1. Melalui kecamatan Montong : yaitu dengan naik angkutan umum dari terminal Tuban dengan jurusan Montong, yang kemudian di lanjutkan dengan naik kendaraan jurusan Jojogan. “Nglirip” terletak antara Montong – Jojogan.

2. Melalui Jojogan (kecamatan Singgahan) : yaitu dari Terminal Tuban dengan naik bis jurusan Jatirogo, bis ini akan transit di terminal Kabubaten Bojonegoro yang kemudian dilanjutkan ke tujuan utama yaitu kecamatan Jatirogo. Jika anda menggunakan rute ini, anda dapat turun di pertigaan “Warung Anjlok” – Jojogan. Dari sini, Nglirip hanya berjarak kurang dari dua kilo meter. dari sini anda bisa naik angkutan jurusan Montong. Bilang aja sama Pak Sopir kalau anda mau turun “nglirip” nanti tidak lebih dari 10 menit anda akan sampai tujuan, warga di sekitar nglirip, orangnya ramah2, aku bisa bilang begitu karena aku dulu sering kesana minimal 1 tahun sekali.

Dan “Nglirip” itu dekat juga dengan “SMAN 1 Singgahan” atau juga yang lebih dikenal dengan “SMA Bukit Tinggi” karena letaknya diatas bukit dan udaranya yang segar seperti di “puncak” :-)  .

Sesampainya di “Ngirip anda akan melihat air terjun yang sangat indah dan menawan, dan diatas air terjun ada jembatan yang bisa anda gunakan untuk melihat air terjun dari atas. Tetapi bila anda mau menikmati jernihnya air dan guyuran air terjun harap berhati2 karena jalan menuju disana kecil dan licin, dan sebaiknya anda tidak mandi dibawah air tenjun, soalnya dalam dan bahaya, dan bisa2 anda tenggelam🙂 . Tinggi Air tenjun “Nglirip” kurang lebih 25 meter, dan dibalik air tenjunnya ada gua yang cukup besar yang bisa dimasukin oleh orang. tetapi gua tersebut hanya bisa dilihat bila musim kemarau, karena kalau musim hujan air tenjun lagi deras2nya.

Dahulu kala goa tersebut dipercayai sebagai tempat bersemedi bagi leluhur yang berilmu tinggi, ada juga yang mengatakan didalam goa ini dahulu terdapat seorang wanita yang menanti kekasihnya sampai sekarang, tentunya sekarang tinggal rohnya saja, itu saya dapat carita dari masyarakat sekitar “Nglirip”.

Jika Anda kearah timur dari lokasi air terjun, Anda akan mendapatkan lokasi sumber air alam “krawak” yang merupakan sumber air terbesar yang pernah saya lihat, di “krawak” airnya jernih dan bersih banget, dan disini sering juga dipakai untuk minum. Lokasi ini masih sangat alami, belum ada bangunan apapun, karena letaknya masih diarea hutan lindung, dan sekali lagi agar berhati-hati karena banjir dadakan dapat datang tiba-tiba terutama di musim hujan.

jadi selalu utamakan keselamatan dimanapun anda berada….🙂

2 Responses

  1. bagus. lumayan tinggi air terjunnya. kapan-kapan pingin kesana🙂 kunjung balik ya sob.

  2. assalamu’alaikum
    Aku lahir di sebelah barat nglirip….
    jadi ingat kampung nih!…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: